Peningkatan Kapasitas SDM Pelaku Usaha Kelompok Tani Hutan Melalui Pelatihan Vokasional Pengelolaan dan Budidaya Madu Di Sukamara

Rabu, 28 Agu 2024, 08:28:17 WIB - 138 View
Share
Peningkatan Kapasitas SDM Pelaku Usaha Kelompok Tani Hutan Melalui Pelatihan Vokasional Pengelolaan dan Budidaya Madu Di Sukamara

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas SDM Pelaku Usaha Kelompok Tani Hutan Di Wilayah Perhutanan Sosial Melalui Pelatihan Vokasional Pengelolaan dan Budidaya Madu Di Kabupaten Sukamara Tahun 2024. (Senin, 27 Agustus 2024)

 

Penyelenggaraan Pelatihan ini merupakan momen penting untuk membangun sinergi antar Pemangku Kepentingan di bidang Koperasi-UMKM dan bidang Kehutanan dalam memberdayakan masyarakat khususnya pelaku usaha yang yang ada di wilayah sekitar hutan.


Kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan, meningkatkan SDM Pelaku UMKM dalam mengolah produk berbahan dasar madu serta saling berbagi pengalaman strategi pemasaran sebagai seorang wirausaha.

 

Budidaya lebah madu memiliki manfaat ekonomis melalui pemasaran produk perlebahan seperti madu, roti lebah (beebread), dan propolis, serta manfaat ekologis lebah kelulut sebagai pollinator (agen penyerbukan) bunga dan tanaman sehingga dapat menghasilkan buah-buahan yang bermanfaat bagi manusia.

 

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta yang mayoritas adalah pelaku usaha yang berada di kawasan sekitar hutan mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dalam membudidayakan lebah madu.


#vokasionalbudidayamadu #kaltengmakinberkah

Kontak

Email: diskopukm1@gmail.com
Website: http://diskopukm.kalteng.go.id
Jl. Willem A. Samad No.7, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya,           Kalimantan Tengah 73112

Link Terkait

Kalteng