Kemenkop dan UKM RI Menggelar Kegiatan Penguatan Usaha KUMKM melalui Sinergi Program Antar Lembaga

Jumat, 24 Mei 2019, 12:13:37 WIB - 998 View
Share
Kemenkop dan UKM RI Menggelar Kegiatan Penguatan Usaha KUMKM melalui Sinergi Program Antar Lembaga

Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menggelar kegiatan Penguatan Usaha KUMKM melalui Sinergi Program Antar Lembaga.

salah satu materi yang disampaikan kepada pegiat UKM itu yakni penyusunan laporan keuangan dan pajak oleh staf Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palangka Raya bertujuan memudahkan pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan sehingga tersusun laporan keuangan yang baik untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mengatur cash flow serta kewajiban Pajak.

kepala dinas koperasi dan UKM Kalimantan Tengah Lies Fahimah dalam sambutannya menyampaikan bahwa geliat usaha yang dilakukan pelaku UMKM di Kalimantan Tengah sangat masif. selain berdagang secara konvensional, pelaku UMKM juga telah go online , baik melalui marketplace seperti Shopee dan BukaLapak maupun sosial media masing-masing UMKM.

"Pelaku UMKM di Kalteng sangat banyak sehingga tidak semua dapat terfasilitasi dalam even-even yang diikuti Diskopukm kalteng, namun pelaku UMKM tetap semangat untuk online di marketplace" ucap Lies Fahimah.

sementara itu, Asdep Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Eviyanti Nasution saat membuka kegiatan memotivasi pelaku UMKM agar bersiap dalam menghadapi tantangan era globalisasi dengan memanfaatkan akses tak terbatas di internet, penguatan strategi pemasaran produk, peningkatan kualitas produk hingga ketersediaan produk.

selain itu Kementerian Koperasi dan UKM telah memiliki suatu website yang khusus bagi pelaku UMKM mendapatkan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara gratis dan cepat.

"teman-teman pelaku UMKM tidak perlu lagi mengurus IUMK ke kecamatan seperti dulu, cukup mengakses website dan mngisi form yang kemudian akan dihasilkan IUMK secara cepat dan gratis" ucap Eviyanti Nasution

Kontak

Email: diskopukm1@gmail.com
Website: http://diskopukm.kalteng.go.id
Jl. Willem A. Samad No.7, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya,           Kalimantan Tengah 73112

Link Terkait

Kalteng